Panduan Berlibur Pulau Nusa Penida di Bali

Panduan Berlibur Pulau Nusa Penida di Bali

Pulau Nusa Penida yang indah dan eksotis terletak hanya 25 kilometer dari Bali, destinasi wisata paling terkenal di Indonesia.Nusa Penida adalah pulau yang jauh lebih kecil daripada Bali, tetapi memiliki beberapa pemandangan paling menakjubkan di Pulau Bali.

Kami telah mengunjungi Penida lebih dari selusin kali selama bertahun-tahun, tetapi selalu tetap mempesona. Pulau ini adalah salah satu tempat paling indah untuk dikunjungi di Indonesia.Pulau ini dapat dikunjungi dalam satu hari perjalanan dari Bali (pulang-pergi dalam sehari), Ada begitu banyak tempat foto yang bagus, trekking, dan hal-hal lain yang bisa dilakukan di Nusa Penida!

Blog perjalanan ini akan menjelaskan apa yang harus dilakukan di Nusa Penida, cara mencapainya, tempat menginap, opsi transportasi terbaik dan paket wisata, serta beberapa tempat wisata teratas untuk dilihat.

Di Mana Pulau Nusa Penida Berada?

Pulau Nusa Penida adalah pulau kecil yang terletak di Bali, Indonesia. Jaraknya dari Bali adalah sekitar 25 kilometer (15 mil). Bali memiliki 3 pulau kecil yang indah seperti Nusa Penida, Nusa Lembongan dan Nusa Ceningan dengan pantainya yang menakjubkan. 

Cara Mencapai Pulau Nusa Penida

Dari Bali, satu-satunya cara untuk mencapai Pulau Nusa Penida adalah dengan kapal cepat atau feri, dengan perjalanan kapal cepat memakan waktu sekitar 45 menit. Tidak ada bandara di Nusa Penida, jadi tempat terdekat untuk terbang adalah bandara internasional di Bali (DPS). Anda dapat mencari penerbangan ke Bali di Skyscanner.

Ada sejumlah perusahaan kapal cepat di Bali yang melakukan perjalanan ke Penida setiap hari, dan semuanya berangkat dari Pantai Sanur pada berbagai waktu. Jika Anda menginap di Ubud, Canggu, Seminyak, Kuta, atau tempat lain di selatan Bali, Anda juga bisa pergi ke Sanur dan menaiki kapal. Beberapa perusahaan kapal bahkan menyediakan layanan antar jemput dari area-area ini dalam harga total mereka.

Saya telah menulis panduan lengkap tentang cara mencapai Nusa Penida dengan salah satu perusahaan kapal cepat ini jika Anda ingin pergi sendiri dan mengatur semuanya sendiri. Ini lebih ekonomis daripada memesan paket wisata, tetapi juga sedikit lebih rumit.

Pilihan lainnya adalah memesan tour harian ke Pulau Nusa Penida dengan perusahaan wisata berbasis di Bali. Ini bisa menjadi pilihan yang baik jika Anda memiliki jadwal yang ketat atau ingin melewati kerumitan tersebut.

Transportasi: Cara Berkeliling di Pulau Nusa Penida

Meskipun Pulau Nusa Penida jauh lebih kecil daripada Bali (dengan sekitar 4 persen dari luas daratan Bali), tetapi bukan berarti pulau ini sangat kecil. Anda dapat mengharapkan menghabiskan berjam-jam untuk mengelilingi pulau jika ingin melihat pemandangan terbaik setiap sudutnya.

Seperti di Bali, Anda memiliki dua pilihan utama transportasi untuk menjelajahi Nusa Penida: sewa sepeda motor (dengan pengendara sendiri) atau sewa mobil dengan sopir pribadi.

Banyak jalan di Pulau Nusa Penida masih sangat berbatu dan sempit, jadi saya tidak berpikir sepeda motor adalah ide yang baik di sini, meskipun banyak orang tampaknya melakukannya tanpa masalah. Ingat untuk menggunakan helm, bunyikan klakson Anda sebelum tanjakan dan tikungan buta, dan bersiaplah menepi untuk memberi jalan kepada mobil lain. Jalanannya tidak begitu lebar.

Ketika mengunjungi Pulau Nusa Penida, anda bisa menyewa mobil dengan sopir atau menyewa motor karena lebih aman dan nyaman untuk berkeliling dan harga-harganya hanya sedikit lebih tinggi daripada di pusat kota Bali untuk sehari penuh berkendara.

Untuk perjalanan taxi singkat (seperti transfer hotel dari/ke dermaga), biasanya Anda dapat mengatur hal tersebut di tempat atau melalui hotel Anda, meskipun ini tidak sangat efisien dalam hal biaya.

Sayangnya, aplikasi pemesanan taksi Grab dan Gojek belum tersedia di Nusa Penida, tetapi mungkin itu akan berubah suatu saat nanti.

Apa yang Harus Dilakukan di Pulau Nusa Penida

• Pantai Kelingking

Pantai Kelingking adalah pemandangan paling terkenal Nusa Penida, dan mungkin salah satu pemandangan yang paling ikonik di Bali.

Ini adalah batu besar berbentuk ‘T-Rex’ yang menjulur ke atas dari laut, dengan air warna biru tosca yang sempurna bermain di sekitarnya. Ketika pertama kali Anda melihat ke tepi tebing dan melihat pemandangan ini, sungguh luar biasa!

Setelah Anda selesai mengagumi pemandangan di tebing pantai Kelingking, ada juga jalur untuk turun ke pantai bawahnya.

Pendakian turun ke pantai ini sangat berat, sedikit menakutkan, dan memakan waktu setidaknya dua jam perjalanan pulang pergi, tetapi Anda akan mendapatkan salah satu pantai berpasir putih terbaik di Nusa Penida Bali.

• Titik Pemandangan Paluang Cliff

Semua orang pergi ke Pantai Kelingking, tetapi ada spot lain terletak sangat dekat dengannya dengan pemandangan menakjubkan sendiri, disebut Paluang Cliff. Ini hanya berjarak 5 menit berkendara dari Kelingking.

Paluang Cliff mungkin tidak sepopuler Kelingking, tetapi itulah daya tariknya. Ini adalah spot alternatif bagus yang memberi Anda pandangan T-rex Kelingking dari sisi lain, tanpa keramaian.

Ada banyak spot instagramable  Paluang Cliff, ditambah dengan sebuah pura Bali yang memiliki koil mobil yang unik, disebut ‘pura mobil’ Nusa Penida.

• Pantai Broken

Bagi kebanyakan pengunjung pulau Nusa Penida, salah satu tempat pertama yang akan dikunjungi adalah Pantai Broken. Ini adalah teluk bundar keren terbentuk di batuan, lengkap dengan lengkungan yang tersisa.

Area ini juga merupakan salah satu tempat populer bagi pari manta, jadi kemungkinan Anda akan melihat beberapa pantai yang berenang di laut di dekatnya.

Dasarnya terisi dengan air biru tosca dari ombak datang, dan bahkan ada pantai berpasir putih kecil. Anda sebenarnya tidak bisa turun ke pantai, hanya bisa mengagumi dari atas, tetapi ini adalah pemandangan keren!

Ada beberapa legenda lokal terkait dengan tempat ini yang mengatakan bahwa tempat ini dibuat oleh jejak kaki raksasa atau oleh seorang penyihir yang marah.

Ini benar-benar jenis formasi sangat unik wajib kamu kunjungi saat berlibur di pulau Bali

• Crystal Bay Nusa Penida

Salah satu tempat populer di sisi barat Penida adalah Crystal Bay Nusa Penida. Ini adalah tempat yang bagus untuk bersantai atau berjemur, dan memiliki banyak warung makan dan minuman untuk penyegaran. Alat snorkeling bisa disewa di sini, atau Anda bisa duduk-duduk sambil makan sate ayam.

Hal hebat tentang Crystal Bay Nusa Penida adalah ini adalah salah satu tempat terbaik untuk menikmati matahari terbenam Nusa Penida di atas batu-batu di pantai.